Reference Manager Solusi Bagi Para Penulis dan Peneliti

Memanfaatkan Zotero dan Mendeley dalam Mengelola Sumber Referensi

Ketika kita menulis artikel yang sifatnya akademis, baik itu essay, skripsi, tesis, ataupun disertasi, biasanya kita diminta untuk menuliskan secara lengkap bahan yang kita gunakan sebagai pustaka pembuatan artikel tersebut. Pustaka/referensi ini diperlukan untuk mendukung hasil analisis kita dan seharusnya disertakan untuk menghindari konflik plagiarisme. Untuk tulisan singkat (misalnya essay yang tidak lebih dari 10 halaman), mungkin pengaturan daftar pustaka tidak terlalu rumit, namun bila sudah berbentuk skripsi/tesis/disertasi yang menggunakan lebih dari 100 referensi, alangkah lebih baiknya bila kita menggunakan software referensi yang banyak tersedia saat ini.

EndNote adalah software yang khusus dikembangkan untuk reference management. Dengan software tersebut kita bisa menyimpan data-data mengenai referensi yang kita gunakan, sekaligus mengintegrasikannya ke teks yang kita tulis. Ada banyak software sejenis yang tersedia, misalnya Zotero dan Biblioscape.

EndNote dikembangkan oleh Thomson Reuters, dan memang bukan software gratis (Zotero tersedia secara cuma-cuma). EndNote bisa didapatkan dengan harga sekitar USD 300 (IDR 2.700.000). Mahal memang. Meski begitu, institusi (seperti universitas) bisa membeli lisensi software ini dan menggunakannya untuk multiple users (mahasiswa universitas tersebut, misalnya).

Leave a comment

Your email address will not be published.

*